Cari Pelusuran Mbah Google

Minggu, 12 Desember 2010

Sambas Jadi Tuan Rumah Kemah Budaya Serumpun (KBS)

Sambas, (tvOne)

Kabupaten Sambas akan menjadi tuan rumah Kemah Budaya Serumpun (KBS) Indonesia, Malaysia dan Brunai. Kegiatan KBS akan berlangsung pada bulan Desember mendatang. Sebagai wilayah yang memiliki perbatasan darat dengan Malaysia, Sambas dipandang cocok untuk menjadi tuan rumah kegiatan KBS.

Persiapan menjadi tuan rumah dilakukan sejak awal, dengan menggelar pra kemah budaya (PKB) se Kabupaten Sambas. Kegiatan itu dilaksanakan oleh kwartir cabang gerakan pramuka Kabupaten Sambas.

Selain mempersiapkan kegiatan Kemah Budaya Serumpun, juga memperingatkan HUT Gerakan Pramuka ke-49 tahun 2010 dan Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-65 Tahun 2010. Bupati Sambas selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sambas, Burhanuddin A. Rasyid mengatakan, kegiatan PKB dilaksanakan dari tanggal 6-7 Agustus.

"Kegiatan Pra Kemah Budaya (PKB) dilaksanakan dalam rangka untuk melatih menyambut KBS pada tanggal 14-18 Desember yang akan datang," jelas dia.

Kegiatan PKB ini, kata Burhanuddin merupakan langkah awal uji coba bumi perkemahan dalam penunjang sarana dan prasarana. Sebagai tuan rumah harus bisa menjamin para peserta perkemahan dan acara kegiatan lainnya berlangsung baik.

Kegiatan PKB ini juga bakal menjadi bahan evaluasi dalam pelaksanaan KBS yang akan datang, ujarnya.

Dia menjelaskan didalam pelaksanaan KBS nanti kepada anggota pramuka akan tampil menguji kebolehan menjadi seorang bupati, camat dan kepala kampung. Selain itu, dia berharap kepada para peserta harus mengetahui sejarah kerajaan Sambas.

Bupati meminta kepada para pembina pramuka agar mengajarkan tentang sejarah kerajaan Sambas agar jangan sampai waktu di tanya tidak tahu. Pada kesempatan itu, Bupati mengajak kepada seluruh kwartir cabang gerakan pramuka Kabupaten Sambas untuk berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan KBS yang akan datang.

"Pra kemah budaya harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melatih diri setiap anggota pramuka dalam persiapan KBS mendatang," tegasnya. (Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar